Software Requirement Specification
SOFTWARE
REQUIREMENT SPECIFICATION
(SRS)
Pembuatan website Pendidikan Kebudayaan Yayasan Shafa Marwah
Dibuat oleh Kelompok 5
Jurusan Sistem Informasi
Universitas Gunadarma
Untuk mata kuliah:
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
SRS disusun oleh:
Aqshal Dhia Wibowo /11118001
Ilham Mauluddin Anwar /13118257
Mohammad Fariz Azhari F. /14118225
Muhammad Adam M. /14118417
Satria Kharisma /16118543
Viqri Vitriadi /17118254
(23 Oktober 2021)
Untuk client:
Yayasan Shafa
Marwah Mandiri
Jalan Letda Natsir No. 85 Cikeas Nagrak,
Nagrak, Kec. Gunungputri, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat
Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi
Informasi
Universitas Gunadarma
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Proyek ini direncanakan oleh yayasan karena banyak anak sekolah yang
tidak mengenali budaya yang ada di Indonesia. proyek ini ditujukan untuk
mempermudah pembelajaran pada SD Shafa Marwah . Dengan pembangunan sistem informasi
berbasis web ini diharapkan murid SD Shafa Marwah dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang budaya di Indonesia. Fitur didalam aplikasi ini seperti, menginput,mengubah dan menghapus
data kebudayaan dan juga menampilkan
video lagu daerah, menampilkan gambar alat musik daerah dan rumah adat daerah
berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.
DAFTAR ISI
RINGKASAN EKSEKUTIF
DAFTAR ISI
Bab 1 Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
1.2. Tujuan
1.3. Lingkup Sistem
1.4. Terminologi
1.5. Sistematika Dokumen
Bab 2 Deskripsi Umum
Sistem
2.1. Tujuan Bisnis
2.2. Organisasi Usulan
2.3. Prosedur-prosedur
Usulan
Bab 3 Kebutuhan Fungsional
3.1. Diagram Use-Case
3.2. Skenario untuk Setiap
Fungsi
Bab 4 Kebutuhan Data
4.1. Data Masukan
4.2. Laporan-laporan
Bab 5 Kebutuhan Kualitas
Bab 6 Ketentuan dan
Konstrain Sistem
6.1. Perangkat Lunak dan
Tools
Bab 7 Penutup
7.1 Kesimpulan
7.2 Saran
Bab 1 Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Proyek ini awalnya
direncanakan oleh yayasan karena yayasan melihat banyak anak sekolah yang tidak
mengenali budaya yang ada di Indonesia, proyek ini ditujukan untuk mempermudah
pembelajaran pada SD Shafa Marwah . Dengan pembangunan sistem informasi berbasis web ini
diharapkan murid SD Shafa
Marwah dapat
dengan mudah untuk mencari informasi tentang budaya di Indonesia
1.2. Tujuan
Tujuan proyek ini adalah membuat
website yang menyajikan informasi keanekaragaman budaya berdasarkan provinsi di
Indonesia untuk mengedukasi masyarakat terutama anak – anak yang mulai
melupakan warisan budaya Indonesia. Sehingga diharapkan murid SD
Shafa Marwah dapat mengetahui budaya apa saja yang terdapat di
Indonesia.
.
. . . . . . .
1.3. Lingkup Sistem
Terdapat beberapa
fitur didalam aplikasi ini seperti, menginput,mengubah dan menghapus data
kebudayaan dan juga menampilkan video
lagu daerah, menampilkan gambar alat musik daerah dan rumah adat daerah
berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.
1.4. Terminologi
1.
SRS : Software Requirement
Specifications (Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak)
2.
PHP: PHP (Hypertext Processor), yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat
tinggi yang dipasang pada dokumen HTML
3. CSS: Cascading
Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk
mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih
terstruktur dan seragam
1.5. Sistematika Dokumen
Bab 1 Pendahuluan
Pada bab ini membahas mengenai latar belakang
masalah, Tujuan proyek, Lingkup Sistem, Terminologi.
Bab 2 Deskripsi Umum
Sistem
Pada bab ini membahas Tujuan Bisnis
mengenai manfaat sistem informasi yang akan dibangun dan membuat prosedur serta
menggambarkan struktur organisasi dalam proyek ini.
Bab 3 Kebutuhan
Fungsional
Pada bab ini menggambarkan alur sistem
dalam bentuk UML dan menjelaskan skenario UML pada setiap fungsi.
Bab 4 Kebutuhan Data
Pada bab ini mendeskripsikan data
masukkan dan rincian laporan.
Bab 5 Kebutuhan
Kualitas
Pada bab ini melakukan pengukuran
kualitas setelah sistem dikembangkan
Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem
Bab 7 Penutup
Berisi masukkan dan saran dari pihak
pengembang.
Bab 2 Deskripsi Umum Sistem
2.1. Tujuan Bisnis
Sistem Informasi kebudayaan ini dibangun agar mempermudah siswa di
SD Shafa marwah mengenal budaya yang ada di Indonesia, dan juga mengurangi
biaya anggaran untuk alat peraga mengenai kebudayaan Indonesia, karena semua
informasi kebudayaan yang terkait sudah ada didalam website.
2.2. Organisasi Usulan
Tabel 2. 1 Contoh struktur organisasi usulan
Berdasarkan
struktur organisasi usulan pada Gambar 2.1., maka berikut adalah penjelasan
mengenai deskripsi kerja untuk masing-masing posisi :
1.
Manajer
a.
Menambah data pegawai
b.
Melihat informasi
pegawai
c.
Mengubah/mengedit
informasi pegawai
2.
Pegawai Operator
a.
Menambah data Kebudayaan
b.
Melihat data Kebudayaan
c.
Mengubah atau
menghapus data Kebudayaan
3.
Pegawai Pemeliharaan
a.
Melakukan Backup
b.
Memperbaiki Website fungsi website.
2.3. Prosedur-prosedur Usulan
Bab 3 Kebutuhan Fungsional
3.1. Diagram
Use-Case
3.2.
Skenario untuk Setiap Fungsi
Pada use case diagram user, User dapat melakukan beberapa aksi pada
use case. User dapat langsung bisa mengakses bagian Home, Login Admin, dan
melihat About Us. Dihalaman home terdapat daftar-daftar provinsi yang bisa
pilih oleh user dan nanti akan langsung terhubung ke detail provinsi yang
berisi video lagu daerah, gambar alat music, gambar rumah adat. Pada Dashboard Operator akan
menampilkan jumlah provinsi yang ditampilkan, input data provinsi, ubah data
provinsi, delete data provinsi. Terdapat beberapa fitur tambahan ketika manajer
sedang login, yaitu manajer bisa menambahkan, mengubah dan menghapus data
operator.
Bab 4 Kebutuhan Data
4.1. Data Masukan
Deskripsikan dengan rinci setiap data yang dibutuhkan oleh pengguna.
Kebutuhan data dapat dipaparkan dalam format tabular sebagai berikut:
Data
|
Atribut-atribut
pada Data |
Alat Musik |
ID_Provinsi
, judul , deskripsi , gambar. |
Rumah Adat |
ID_Provinsi
, judul , deskripsi , gambar. |
Lagu Daerah |
ID_Provinsi
, judul , deskripsi , video. |
Data User |
ID_User,
nama, email, password, role. |
Berikan matriks akses data dalam format
sebagai berikut:
Data |
Manajer |
Operator |
User |
Alat Musik |
RIUD |
RIUD |
R |
Rumah Adat |
RIUD |
RIUD |
R |
Lagu Daerah |
RIUD |
RIUD |
R |
Data User |
RIUD |
R |
- |
Keterangan: R = read,
I = insert, U = update, D = delete
4.2. Laporan-laporan
Deskripsikan dengan rinci setiap laporan yang dibutuhkan oleh
pengguna. Kebutuhan laporam dapat dipaparkan dalam format tabular sebagai
berikut:
Pengguna |
Nomor Laporan |
Nama
Laporan |
Atribut-atribut
pada Laporan |
Manajer |
LP-1 |
Laporan Konten |
ID_Provinsi
, judul, ID_User. |
Gambar 4.1. Format Laporan Website.
Bab
5 Kebutuhan Kualitas
Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan
projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas
tinggi. Untuk keperluan pengukuran kualitas sistem setelah sistem selesai
dibangun/dikembangkan, beberapa key success factor (KSF) atau kriteriakiteria perlu
didefinisikan. Kriteria-kriteria yang didefinisikan harus melingkup aspek keamanan sistem, kemudahan penggunaan, kecepatan
akses data/laporan (termasuk aspek skalabilitas) dan kebenaran data/laporan. Selain itu, perlu juga didefinisikan
kriteria lainnya, seperti kemudahan
instalasi, pemeliharaan sistem, inter-operability dengan sistem-sistem lain,
dan lain-lain .
Nomor Kriteria |
Definisi
Kriteria |
Target
yg Dicapai |
DK-1 |
Ketersediaan sistem & akses mudah. |
Dapat diakses dimana pun dan kapan pun |
DK-2 |
Pengguna menggunakan sistem. |
Guru dan Siswa SD Shafa Marwah |
DK-3 |
Memberikan Informasi Kebudayaan Indonesia |
Kriteria tercapai |
DK-4 |
Akurasi Informasi Kebudayaan Indonesia |
Kriteria tercapai |
DK-5 |
Pemeliharaan
sistem |
Kestabilan website |
|
|
|
Tabel 5.1. Contoh definisi
criteria dan target [5].
No |
KSF Definition |
Target |
KSF-1
|
The
cost of Hosting is affordable. |
Less
than Rp.100.000 |
KSF-2
|
System
maintenance could be handled by one staff.
|
Less
than 6 hour/week of staff working hour. |
Bab 6 Ketentuan dan Konstrain
Sistem
6.1. Perangkat Lunak dan Tools
Tuliskan lingkungan pengembangan perangkat lunak (tool, bahasa
pemrograman, DBMS, framework, dll) yang digunakan selama masa pembangunan
sistem.
Beberapa contoh
lingkungan perangkat lunak:
1.
Visual Studio Code
2.
XAMPP 3.3.0
3.
php 7.4.8
4.
CSS 3
Bab 7 Penutup
7.1
Kesimpulan
Pembuatan Website
Pendidikan Kebudayaan yayasan Shafa Marwah Mandiri bertujuan untuk mempermudah pengajar
dalam melakukan tugasnya memperkenalkan budaya Indonesia kepada siswa/siswi SD
Shafa Marwah . Secara garis besar, website ini berisi informasi mengenai budaya-budaya
di Indonesia berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.
7.2
Saran
Diharapkan website ini bisa menambah konten budaya
seperti tari tradisional agar informasi yang disajikan kepada siswa/siswi SD
Shafa Marwah lebih beragam.
Referensi
[1] Ian Sommerville, Software
Engineering 8th Ed., Pearson Education Limited, 2007
[2] Firesmith Consulting, Global Personal Marketplace System
Requirements Specification (SRS) Version 1.0, Indiana, USA, 2003
[3] Arry Sardi, Sistem Pembayaran Elektronik Mikro dengan Smart
Card untuk Kampus (Studi Kasus: Unpar), Skripsi, 2011.
[4] Veronica S. Moertini, Asdi A. Athuri, Hery M. Kemit &
Nico Saputro, "The Development of Electronic Payment
System for Universities in Indonesia: On Resolving Key Success Factors",
International Journal of Computer Science and Information Technology (IJCSIT),
Vol. 3, No. 2, April 2011
[5] Veronica S. Moertini & Criswanto D. Nugroho,
"e-Commerce Mobile Marketing Model Resolving Users Acceptance
Criteria", International Journal of Managing Information Technology
(IJMIT), Vol.4, No.4, November 2012, pp. 23-40.
0 komentar