Software Requirement Specification

by - Sabtu, Oktober 30, 2021

 

SOFTWARE REQUIREMENT SPECIFICATION

(SRS)

 

 

Pembuatan website Pendidikan Kebudayaan Yayasan Shafa Marwah

 

Dibuat oleh Kelompok 5

Jurusan Sistem Informasi

Universitas Gunadarma 

 

Untuk mata kuliah:

Pengelolaan Proyek Sistem Informasi

 

 

 

SRS disusun oleh:

 

Aqshal Dhia Wibowo             /11118001

Ilham Mauluddin Anwar        /13118257

Mohammad Fariz Azhari F.   /14118225

Muhammad Adam M.            /14118417

Satria Kharisma                       /16118543

Viqri Vitriadi                          /17118254

 

 

 

 

 (23 Oktober 2021)

 

 

 

 

Untuk client:

Yayasan Shafa Marwah Mandiri

Jalan Letda Natsir No. 85 Cikeas Nagrak, Nagrak, Kec. Gunungputri, Kab. Bogor Prov. Jawa Barat

 

 

 

 

 

Jurusan Sistem Informasi

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Universitas Gunadarma 

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

Proyek ini direncanakan oleh yayasan karena banyak anak sekolah yang tidak mengenali budaya yang ada di Indonesia. proyek ini ditujukan untuk mempermudah pembelajaran pada SD Shafa Marwah . Dengan pembangunan sistem informasi berbasis web ini diharapkan murid SD Shafa Marwah dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang budaya di Indonesia. Fitur didalam aplikasi ini seperti, menginput,mengubah dan menghapus data kebudayaan  dan juga menampilkan video lagu daerah, menampilkan gambar alat musik daerah dan rumah adat daerah berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.

 

 

DAFTAR ISI

 

RINGKASAN EKSEKUTIF. 1

DAFTAR ISI 2

Bab 1 Pendahuluan. 3

1.1. Latar Belakang. 3

1.2. Tujuan. 3

1.3. Lingkup Sistem.. 3

1.4. Terminologi 3

1.5. Sistematika Dokumen. 4

Bab 2 Deskripsi Umum Sistem.. 5

2.1. Tujuan Bisnis. 5

2.2. Organisasi Usulan. 5

2.3. Prosedur-prosedur Usulan. 6

Bab 3 Kebutuhan Fungsional 13

3.1. Diagram Use-Case. 13

3.2. Skenario untuk Setiap Fungsi 15

Bab 4 Kebutuhan Data. 16

4.1. Data Masukan. 16

4.2. Laporan-laporan. 16

Bab 5 Kebutuhan Kualitas 17

Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem.. 18

6.1. Perangkat Lunak dan Tools 18

Bab 7 Penutup. 19

7.1 Kesimpulan. 19

7.2 Saran. 19

Referensi 20

 

 

 

 


 

Bab 1 Pendahuluan

 

1.1. Latar Belakang

Proyek ini awalnya direncanakan oleh yayasan karena yayasan melihat banyak anak sekolah yang tidak mengenali budaya yang ada di Indonesia, proyek ini ditujukan untuk mempermudah pembelajaran pada SD Shafa Marwah . Dengan pembangunan sistem informasi berbasis web ini diharapkan murid SD Shafa Marwah dapat dengan mudah untuk mencari informasi tentang budaya di Indonesia

 

1.2. Tujuan

Tujuan proyek ini adalah membuat website yang menyajikan informasi keanekaragaman budaya berdasarkan provinsi di Indonesia untuk mengedukasi masyarakat terutama anak – anak yang mulai melupakan warisan budaya Indonesia. Sehingga diharapkan murid SD Shafa Marwah dapat mengetahui budaya apa saja yang terdapat di Indonesia.

. . . . . . . . 

1.3. Lingkup Sistem

Terdapat beberapa fitur didalam aplikasi ini seperti, menginput,mengubah dan menghapus data kebudayaan  dan juga menampilkan video lagu daerah, menampilkan gambar alat musik daerah dan rumah adat daerah berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.

 

1.4. Terminologi

1.      SRS : Software Requirement Specifications (Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak)

2.      PHP: PHP (Hypertext Processor), yang merupakan sebuah bahasa scripting tingkat tinggi yang dipasang pada dokumen HTML

3.      CSS: Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam


 

1.5. Sistematika Dokumen

Bab 1 Pendahuluan

Pada bab ini membahas mengenai latar belakang masalah, Tujuan proyek, Lingkup Sistem, Terminologi.

Bab 2 Deskripsi Umum Sistem

Pada bab ini membahas Tujuan Bisnis mengenai manfaat sistem informasi yang akan dibangun dan membuat prosedur serta menggambarkan struktur organisasi dalam proyek ini.

Bab 3 Kebutuhan Fungsional

Pada bab ini menggambarkan alur sistem dalam bentuk UML dan menjelaskan skenario UML pada setiap fungsi.

Bab 4 Kebutuhan Data

Pada bab ini mendeskripsikan data masukkan dan rincian laporan.

Bab 5 Kebutuhan Kualitas

Pada bab ini melakukan pengukuran kualitas setelah sistem dikembangkan

Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem

Bab 7 Penutup

Berisi masukkan dan saran dari pihak pengembang.


 

Bab 2 Deskripsi Umum Sistem

2.1. Tujuan Bisnis

Sistem Informasi kebudayaan ini dibangun agar mempermudah siswa di SD Shafa marwah mengenal budaya yang ada di Indonesia, dan juga mengurangi biaya anggaran untuk alat peraga mengenai kebudayaan Indonesia, karena semua informasi kebudayaan yang terkait sudah ada didalam website.

 

2.2. Organisasi Usulan

 

Tabel 2. 1 Contoh struktur organisasi usulan



 

Berdasarkan struktur organisasi usulan pada Gambar 2.1., maka berikut adalah penjelasan mengenai deskripsi kerja untuk masing-masing posisi :

1.       Manajer

a.         Menambah data pegawai

b.         Melihat informasi pegawai

c.         Mengubah/mengedit informasi pegawai

2.       Pegawai Operator

a.         Menambah data  Kebudayaan

b.         Melihat data Kebudayaan

c.         Mengubah atau menghapus data Kebudayaan

3.       Pegawai Pemeliharaan 

a.         Melakukan Backup

b.         Memperbaiki Website fungsi website.

2.3. Prosedur-prosedur Usulan

 







 

Bab 3 Kebutuhan Fungsional

3.1. Diagram Use-Case

 





 

3.2. Skenario untuk Setiap Fungsi 

Pada use case diagram user, User dapat melakukan beberapa aksi pada use case. User dapat langsung bisa mengakses bagian Home, Login Admin, dan melihat About Us. Dihalaman home terdapat daftar-daftar provinsi yang bisa pilih oleh user dan nanti akan langsung terhubung ke detail provinsi yang berisi video lagu daerah, gambar alat music, gambar rumah adat. Pada Dashboard Operator akan menampilkan jumlah provinsi yang ditampilkan, input data provinsi, ubah data provinsi, delete data provinsi. Terdapat beberapa fitur tambahan ketika manajer sedang login, yaitu manajer bisa menambahkan, mengubah dan menghapus data operator.

 

Bab 4 Kebutuhan Data

4.1. Data Masukan

Deskripsikan dengan rinci setiap data yang dibutuhkan oleh pengguna. Kebutuhan data dapat dipaparkan dalam format tabular sebagai berikut:

 

Data

Atribut-atribut pada Data

Alat Musik

ID_Provinsi , judul , deskripsi , gambar.

Rumah Adat

ID_Provinsi , judul , deskripsi , gambar.

Lagu Daerah

ID_Provinsi , judul , deskripsi , video.

Data User

ID_User, nama, email, password, role.

 

Berikan matriks akses data dalam format sebagai berikut:

 

Data

Manajer

Operator

User

Alat Musik

RIUD

RIUD

R

Rumah Adat

RIUD

RIUD

R

Lagu Daerah

RIUD

RIUD

R

Data User

RIUD

R

-

Keterangan: R = read, I = insert, U = update, D = delete

 

 

4.2. Laporan-laporan

Deskripsikan dengan rinci setiap laporan yang dibutuhkan oleh pengguna. Kebutuhan laporam dapat dipaparkan dalam format tabular sebagai berikut:

 

Pengguna

Nomor Laporan

Nama Laporan

Atribut-atribut pada Laporan

Manajer

LP-1

Laporan Konten

ID_Provinsi , judul, ID_User.

 

Gambar 4.1. Format Laporan Website.

 

 

 

 

 

 

 

Bab 5 Kebutuhan Kualitas

Salah satu factor yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan projek sistem informasi adalah sistem informasi tersebut harus berkualitas tinggi. Untuk keperluan pengukuran kualitas sistem setelah sistem selesai dibangun/dikembangkan, beberapa key success factor  (KSF) atau kriteriakiteria perlu didefinisikan. Kriteria-kriteria yang didefinisikan harus melingkup aspek keamanan sistem, kemudahan penggunaan, kecepatan akses data/laporan (termasuk aspek skalabilitas) dan kebenaran data/laporan. Selain itu, perlu juga didefinisikan kriteria lainnya, seperti kemudahan instalasi, pemeliharaan sistem, inter-operability dengan sistem-sistem lain, dan lain-lain . 

 

 

Nomor

Kriteria

Definisi Kriteria

Target yg Dicapai

 DK-1

 Ketersediaan sistem & akses mudah.

 Dapat diakses dimana pun dan kapan pun

 DK-2

 Pengguna menggunakan sistem.

 Guru dan Siswa SD Shafa Marwah

 DK-3

 Memberikan Informasi Kebudayaan Indonesia

 Kriteria tercapai

 DK-4

 Akurasi Informasi Kebudayaan Indonesia

 Kriteria tercapai

 DK-5

Pemeliharaan sistem

 Kestabilan website

 

 

 

 

 

Tabel 5.1. Contoh definisi criteria dan target [5].

No

KSF Definition

Target

KSF-1

The cost of Hosting is affordable.

Less than Rp.100.000

KSF-2

System maintenance could be handled by one staff. 

Less than 6 hour/week of staff working hour.

 


 

Bab 6 Ketentuan dan Konstrain Sistem

 

6.1. Perangkat Lunak dan Tools

Tuliskan lingkungan pengembangan perangkat lunak (tool, bahasa pemrograman, DBMS, framework, dll) yang digunakan selama masa pembangunan sistem.

 

Beberapa contoh lingkungan perangkat lunak:

1.      Visual Studio Code

2.      XAMPP 3.3.0

3.      php 7.4.8

4.      CSS 3


 

Bab 7 Penutup

 

7.1 Kesimpulan

Pembuatan Website Pendidikan Kebudayaan yayasan Shafa Marwah Mandiri bertujuan untuk mempermudah pengajar dalam melakukan tugasnya memperkenalkan budaya Indonesia kepada siswa/siswi SD Shafa Marwah . Secara garis besar, website ini berisi informasi mengenai budaya-budaya di Indonesia berdasarkan budaya mayoritas setiap provinsi.

 

7.2 Saran

            Diharapkan  website ini bisa menambah konten budaya seperti tari tradisional agar informasi yang disajikan kepada siswa/siswi SD Shafa Marwah lebih beragam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Referensi

 

[1]  Ian Sommerville, Software Engineering 8th Ed., Pearson Education Limited, 2007

 

[2]  Firesmith Consulting, Global Personal Marketplace System Requirements Specification (SRS) Version 1.0, Indiana, USA, 2003

 

[3]  Arry Sardi, Sistem Pembayaran Elektronik Mikro dengan Smart Card untuk Kampus (Studi Kasus: Unpar), Skripsi, 2011. 

 

[4]  Veronica S. Moertini, Asdi A. Athuri, Hery M. Kemit & Nico Saputro, "The Development of  Electronic Payment System for Universities in Indonesia: On Resolving Key Success Factors", International Journal of Computer Science and Information Technology (IJCSIT), Vol. 3, No. 2, April 2011

 

[5]  Veronica S. Moertini & Criswanto D. Nugroho, "e-Commerce Mobile Marketing Model Resolving Users Acceptance Criteria", International Journal of Managing Information Technology (IJMIT), Vol.4, No.4, November 2012, pp. 23-40. 

You May Also Like

0 komentar