Pengantar Teknologi Sistem Cerdas

by - Selasa, Desember 08, 2020

 

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS

Source : https://weblineglobal-11045.kxcdn.com/wp-content/uploads/2020/01/Artificial-Intelligence-in-Practice.jpeg

Apakah kalian pengguna search engine Google? Atau kalian sering memakai aplikasi Netflix untuk menonton film yang kalian suka? Atau kalian adalah pengguna Iphone yang sering menggunakan Siri? Kalau iya apakah kalian tahu bahwa itu semua adalah perangkat lunak populer yang menggunakan kecerdasan buatan atau yang sering kita dengar dengan Artifical Intelligence? Ya, semua perangkat lunak yang saya sebutkan tadi sudah menggunakan kecerdasan buatan agar mempermudah pemakai dalam memakai perangkat lunak tersebut. Contoh penerapan kecerdasan buatan dalam perangkat lunak tersebut misalnya Google, untuk mempermudah mencari informasi yang diinginkan oleh pengguna, atau Siri untuk membantu pengguna mendapatkan apa yang mereka inginkan atau bisa juga melayani penggunaan si pengguna tersebut pada gawai Iphone, dan Netflix yang menggunakan kecerdasan buatan untuk merekomendasikan film-film yang berdasarkan minat dan kesukaan bagi para penonton atau penggunanya.

Jika kita sudah sering memakai perangkat lunak yang sudah menerapkan kecerdasan buatan didalamnya, alangkah baiknya kita untuk mengetahui apa itu kecerdasan buatan atau Artifical Intelligence agar kita dapat lebih memahami perkembangan teknologi pada saat ini.

 

1.       Sejarah Perkembangan Teknologi Sistem Cerdas

Kecerdasan buatan sebenarnya sudah dimulai sejak musim panas tahun 1956. pada waktu itu sekelompok pakar komputer, pakar dan peneliti dari disiplin ilmu lain dari berbagai akademi, industri serta berbagai kalangan berkumpul di Dartmouth College untuk membahas potensi komputer dalam rangka menirukan atau mensimulasi kepandaian manusia. Beberapa ilmuwan yang terlibat adalah Allen Newel, Herbert Simon, Marvin Miskey, Oliver Selfridge, dan John McCarthy.

Source : http://tobby.synthasite.com/resources/Kecerdasan_Buatan.pdf

Industri AI ini berkembang semenjak tahun 1980an, meskipun sudah dimulai dari tahun 1970an Evolusi AI berjalan dalam dua jalur yang berbeda. Pertama, untuk menciptakan sistem komputer yang meniru proses berpikir manusia untuk menyelesaikan permasalahan umum. Misalnya program permainan catur. Kedua, mengkombinasikan pemikiran terbaik para ahli pada sepotong software yang dirancang untuk memecahkan persoalan yang spesifik. Biasanya disebut juga dengan expert system, atau sistem pakar. Misalnya bagaimana seorang dokter menentukan penyakit seseorang, mulai dari tanya jawab, pemeriksaan kondisi tubuh seperti mata, tekanan darah, suhu tubuh dan sebagainya. Langkah-langkah ini pula yang berusaha diterapkan ke komputer yang mampu berpikir seperti pakar tersebut.

Awalnya komputer difungsikan sebagai alat hitung. Seiring dengan perkembangan jaman, komputer diharapkan dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang dikerjakan oleh manusia. Manusia bisa pandai menyelesaikan masalah karena mempunyai pengetahuan, penalaran dan pengalaman. Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia, maka komputer harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan menalar.

2.       Definisi Kecerdasan Buatan (Artifical Intelligence)

 

a.       Definisi Menurut Para Ahli

·         Schalkoff (1990): AI adalah bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proses komputasi.

·         Rich dan Knight (1991): AI adalah studi tentang cara membuat komputer melakukan sesuatu yang, sampai saat ini, orang dapat melakukannya lebih baik.

·         Luger dan Stubblefield (1993): AI adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi perilaku yang cerdas.

·         Haag dan Keen (1996): AI adalah bidang studi yang berhubungan dengan penangkapan, pemodelan, dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia.

 

 

 

b.      Definisi Umum Kecerdasan Buatan

AI merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Kecerdasan buatan merupakan suatu cabang dalam bidang sains komputer Sains yang mengkaji tentang bagaimana untuk melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti manusia. Sebagai contoh, bagaimana komputer bisa belajar sendiri dari pengalaman dan data-data yang telah dikumpulkannya, bagaimana komputer mampu berkomunikasi dan mengucapkan kata demi kata. Dengan kemampuan ini, diharapkan komputer mampu mengambil keputusan sendiri untuk berbagai kasus yang ditemuinya.

c.       AI Dilihat dari Beberapa Sudut Pandang

·         Sudut pandang Kecerdasan : mesin menjadi ‘cerdas’ mampu berbuat apa yang dilakukan oleh manusia

·         Sudut pandang Bisnis : kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah - masalah bisnis

·         Sudut pandang Penelitian : studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan oleh manusia

·         Sudut pandang Pemrograman : studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching).

 

3.       Konsep Dasar Artifical Intelligence

Source : https://v-class.gunadarma.ac.id/pluginfile.php/794106/mod_resource/content/1/PTSC-01.pdf

Aplikasi AI memiliki 2 bagian utama, yaitu :

·         Basis Pengetahuan (Knowledge Base) : berisi faktafakta, teori, pemikiran dan hubungan antara satu dengan lainnya.

·         Motor Inferensi (Inference Engine) : kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman.

Pengetahuan merupakan informasi terorganisir dan teranalisis agar bisa lebih mudah dimengerti dan bisa diterapkan pada pemecahan masalah dan pengambilaan keputusan. Pengetahuan terdiri atas fakta, pemikiran, teori, prosedur, dan hubungannya satu sama lain. Komputer tidak mungkin mendapatkan pengetahuannya sendiri dengan belajar, berpengalaman atau melakukanpenelitian, akan tetapi ia memperolehnya melalui upaya yang diberikan oleh seorang pakar manusia.

Hampir semua pangkalan pengetahuan (knowledge base) sangat terbatas, dalam arti terfokuskan kepada suatu masalah khusus. Pada saat pangkalan pengetahuan itu sudah terbentuk, teknik Kecerdasan Buatan bisa digunakan untuk memberi kemampuan baru kepada komputer agar bisa berfikir, menalar, dan membuat inferensi (mengambil keputusan berdasarkan pengalaman) dan membuat pertimbangan-pertimbangan yang didasarkan kepada fakta dan hubungan-hubungannya yang terkandung dalam pangkalan pengetahuan itu. Dengan pangkalan pengetahuan dan kemampuan untuk menarik kesimpulan melalui pengalaman (inferensi), komputer dapat disejajarkan sebgai alat bantu yang bisa digunakan secara praktis dalam memecahkan masalah dan pengambilan keputusan serta bisa mencapai satu atau lebih solusi alternatif pada maslah yang diberikan.

 

4.       Contoh Studi Kasus Artifical Intelligence di Dunia Nyata

Source : https://mmc.tirto.id/image/otf/1024x535/2016/11/14/TIRTOID-RobotASIMOkecerdasanbuatan.jpg

Sampai saat ini AI telah digunakan untuk:

·         Membuat aplikasi komputer yang memudahkan pemakai

·         Meningkatkan kemampuan problem solving secara cepat dan konsisten

·         Membantu menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan secara konvensional

·         Membantu menyelesaikan masalah yang mengandung data tidak lengkap atau kurang jelas


Beberapa contoh penerapan AI:

·         Komputer Deep Blue yang dilengkapi program catur pada tahun 1997 dan sudah digunakan melawan pecatur juara dunia Garry Kasparov.

·         Logic Theorist adalah program yang mampu membuktikan beberapa teorema yang ada pada bab pertama Pricipia Matematica karya Whitehead dan Russell.

·         SYSTRAN adalah program yang dapat digunakan untuk menterjemahkan dari dan ke bahasa Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Korea, Rusia, Portugis, dan Spanyol.

·         Delco Electronics menciptakan sebuah mobil yang dapat mengemudikan sendiri. Mobil ini menggunakan pendeteksi tepi untuk tetap bertahan dijalan.

·         Volkswagen AG (Jerman) menciptakan sistem pengemudi kendaraan otomatis


Source:

Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). Kecerdasan Buatan.

AI, I. D. A. I. (2011). Kecerdasan Buatan.

Aasinjery, 2020. Pengantar Teknologi Sistem Informasi. Asinjery.


You May Also Like

0 komentar