Membangun Strategi Layanan Manajemen Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Masyarakat

by - Senin, Mei 11, 2020



Strategi layanan dari setiap penyedia layanan harus didasarkan atas dasar pengakuan bahwa pelanggan tidak membeli produk, mereka membeli kepuasan dari kebutuhan khusus. Oleh karena itu, untuk menjadi sukses, layanan yang disediakan harus dapat dirasakan oleh pelanggan untuk memberikan nilai yang cukup dalam bentuk manfaat yang ingin dicapai pelanggan. Mencapai pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan pelanggan, dalam hal apa kebutuhannya, kapan dan mengapa itu terjadi, juga membutuhkan pemahaman yang jelas tentang persis yang pelanggan yang sudah ada atau potensi pengguna dari penyedia layanan.

Berkembangnya teknologi memungkinkan instansi baik swasta maupun pemerintah memperbaiki dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan dalam pengurusan dokumen kendaraan bermotor melalui Samsat. Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) merupakan suatu sistem administrasi terpadu yang dibentuk untuk mempermudah, mempercepat, dan memperlancar pelayanan kepada masyarakat terkait dengan pengurusan dokumen kendaraan bermotor dalam satu gedung. Samsat biasanya bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkain dengan penerbitas STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.



Strategi yang diterapkan oleh pemerintah untuk meningkatkan layanan manajemen sistem informasi adalah pemerintah ingin memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan mengurus surat kendaraan dengan menciptakan layanan Samsat Online. Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT. Jasa Raharja menyediakan dan membuka layanan Samsat Online. Layanan Samsat Online yang disebut juga dengan e-Samsat merupakan sistem administrasi terpadu yang melayani pengesahan STNK dan pembayaran PKB serta SWDKLLJ melalui transaksi elektronik.

Keberadaan Samsat Online mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Dengan Samsat Online setidaknya mampu memperpendek antrean yang mengular di kantor-kantor Samsat. Namun, ruang lingkup Samsat Online tidaklah seluas pelayanan pada kantor Samsat. Artinya, Samsat Online hanya melayani pengurusan dokumen dan pembayaran pajak kendaraan dengan syarat-syarat tertentu.

Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.



Sumber:

https://www.simulasikredit.com/apa-itu-samsat-online-layanan-apa-saja-samsat-online-itu/

https://naufalakmalfauzi.wordpress.com/2017/03/17/manajemen-layanan-sistem-informasi/

Materi Pertemuan ke 3 MK Softskill Manajemen Layanan Sistem Informasi

You May Also Like

0 komentar